Kamis, 09 September 2010

Bonsai di Istana Gedung Agung

Iprik, Aryaguna "Lintas Batas" Yogyakarta


Cemara Duri, Wisnujakas "Lintas Batas" Yogyakarta


Beringin Korea, Tejo-Yogyakarta


Santigi (Pempis acidula), Sulis Ninja "Imagine" Surabaya


Serut (Streblus asper), Husny Bahasuan-Sidoarjo




Pacar Laut, Sulis Ninja "Imagine" Surabaya


Sejak Juni 2010 yang lalu, di halaman Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta dapat dilihat beberapa deretan pilar dengan bonsai-bonsai indah di atasnya. Yach, pihak Istana Negara telah bersepakat dengan Asosiasi Klub Seni Bonsai Indonesia (AKSISAIN) untuk mendekorasi/menghias istana yang menjadi lambang kebanggaan Bangsa Indonesia ini dengan bonsai.
Bonsai-bonsai yang didisplay di Gedung Agung Yogyakarta ini merupakan bonsai hasil karya para seniman-seniman bonsai Indonesia bukan berasal dari luar negeri. Bonsai yang ditampilkan merupakan representasi kreativitas dan kerja keras seniman bonsai Indonesia. Siapa lagi yang mesti peduli dan bangga dengan bangsa ini jika bukan kita-kita yang mengaku bertanah air Indonesia.
Sudah beberapa tahun terakhir ini Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta yang menyimpan benda-benda seni dan budaya bermutu tinggi membuka diri untuk dikunjungi oleh masyarakat. Pihak Istana berupaya untuk menjadikan Gedung Agung sebagai rumah miliki bangsa Indonesia yang dapat dijadikan sarana pendidikan dan pembentukan karakter bangsa dan seni bonsai salah satunya.
Semoga dengan keberadaan bonsai-bonsai indah di halaman Gedung Agung Yogyakarta ini akan mampu merangsang kemajuan seni bonsai dan semakin meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap bonsai di Indonesia. Majulah Seni Bonsai Indonesia, Jayalah Bangsa Indonesia.

1 komentar:

  1. Bonsai yang cantik, silahkan mampir ke website kami, bisa saling sharing masalah bonsai. www.hanastabonsai.com

    BalasHapus