Selasa, 03 Mei 2011

Suatu Pengantar: Bonsai Wisdom


Dewasa ini seni bonsai telah menyebar dan berkembang ke seluruh penjuru dunia. Penggemar seni bonsai sangat variatif dari berbagai lapisan di masyarakat. Secara umum masyarakat awam jika ditanya tentang apa itu bonsai paling tidak jawabannya adalah tanaman kerdil yang ditanam dalam wadah. Namun demikian pemahaman dan arti bonsai bagi penggemarnya tidaklah sama. Ada penggemar yang memahami, menyukai atau  mempunyai bonsai sebatas hanya ikut-ikutan orang lain, ada yang memahaminya sebagai tanaman hias saja, ada pula yang benar-benar menghayati dan menjadikan bonsai sebagai bagian dari hidupnya. Semua hal di atas boleh-boleh saja.
Secara pribadi penulis memahami bonsai sebagai suatu media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pribadi. Jika diamati dengan seksama banyak hal yang berkaitan dengan tanaman yang ditempatkan dalam wadah tertentu dengan rasa seni yang biasa disebut seni bonsai ini merupakan simbol-simbol yang memiliki makna dalam tersendiri. Simbol-simbol yang terdapat dalam seni bonsai jika ditelaah lebih lanjut akan menghasilkan informasi atau bahan pengajaran yang sangat bermanfaat bagi hidup manusia. Secara khusus penulis menyebut simbol-simbol dari seni bonsai yang mengandung bahan pengajaran ini sebagai bagian firman Tuhan. Dengan membaca simbol dan memahami setiap pelajaran yang dapat dipetik dari seni bonsai maka sebenarnya kita telah mempelajari firman Tuhan yang terhampar di lingkungan sekitar kita. Banyak ilmu yang dapat diperoleh dari seni bonsai yang niscaya akan mampu membuat kita menjadi jauh lebih arif dan bijaksana.
Seni bonsai secara keseluruhan maupun setiap bagian-bagiannya dapat dijadikan sumber pembelajaran. Sebagai contoh: berbagai macam posisi dasar bonsai menyiratkan bahwa tumbuhan tersebut hidup diberbagai macam habitat. Keragaman habitat hidup ini mempengaruhi pertumbuhan setiap tumbuhan yang hidup di atasnya serta akan memberi karakter dasar tumbuhan yang beraneka ragam pula. Keragaman habitat, spesies tumbuhan dan posisi dasar bonsai menunjukkan bahwa Tuhan Maha Kuasa dan Maha Kaya.
Gerak dasar dari setiap bonsai juga menunjukkan perjalanan hidup dari tumbuhan tersebut. Ada bonsai yang memiliki gerak dasar tegak lurus, ada bonsai yang memiliki gerak dasar yang dinamis dan ada pula bonsai yang memiliki gerak dasar sangat dinamis bahkan ekstrim. Gerak dasar yang khas dari setiap bonsai merupakan hasil respon dan adaptasi terhadap kondisi lingkungan tempat hidupnya. Makna dari berbagai ragam gerak dasar dari bonsai adalah bahwa tantangan hidup setiap makhluk termasuk manusia tidaklah mudah dan terkadang tidak sesuai dengan harapan serta keinginan manusia.
Kemampuan bonsai untuk hidup dengan cukup sehat di wadah dan media tanam yang terbatas dapat dimaknai sebagai kesederhanaan dalam hidup. Bonsai yang ditanam dalam wadah dan media terbatas hanya akan dapat hidup secara sehat jika bonsai itu sendiri menyesuaikan organ tubuhnya agar secara maksimal dapat menyerap nutrisi yang tersedia sesuai dengan kebutuhannya saja.                          

"Argo Piloso" (Gunung Filosofi)
Batang Ileng-ileng berukuran sedang yang dijadikan bonsai
akan jauh lebih bernilai daripada jika sekedar dijadikan kayu bakar

Keberadaan seni bonsai itu sendiri juga merupakan suatu proses pembelajaran yang bernilai tinggi. Di sekitar kita terdapat banyak jenis tumbuhan berkayu. Tumbuhan tersebut jika ditebang akan dapat dijadikan kayu bakar yang seikat hanya berharga beberap ribu rupiah. Dengan adanya seni bonsai maka cabang yang indah dapat dicangkok untuk diolah menjadi sebuah bonsai yang tentunya memiliki nilai yang jauh lebih besar disbanding seikat kayu bakar. Dari kejadian ini saja dapat dipetik hikmah bahwa adanya kemauan, kreativitas dan kerja keras maka akan mampu memberikan nilai tambah bagi benda yang sama.
Di samping beberapa contoh simbol atau tanda yang ada pada seni bonsai di atas, masih banyak hal yang dapat dipetik hikmahnya seperti tekstur batang, arah percabangan, filosofi bunga & buah, pohon pokok & anak serta lainnya. Demikianlah sekilas pengantar untuk membawa kita ke alam pemikiran bahwa seni bonsai dapat dijadikan media untuk menjadi jauh lebih bijaksana dan bermanfaat bagi kita. Simbol atau tanda-tanda yang ada pada seni bonsai merupakan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar